5 BUMN Sinergikan Penyaluran CSR

tower bersamaLima Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Jawa Barat bersinergi dalam hal Corporate Social responsibility (CSR) dengan pemerintah Provinsi Jawa Barat.Kelima BUMN tersebut yaitu Bio Farma (Persero), PTPN III (Persero), PTPN VIII (Persero), PT Pupuk Kujang, dan Perum Jasa Tirta II yang menggagas Program Kegiatan CSR Sinergi BUMN di Jawa Barat Tahun 2016.‎Mereka mengkordinasikan kegiatan mereka dengan berbagai pemangku kepentingan terkait khususnya pemerintah supaya tidak terjadi tumpang tindih atau duplikasi bantuan sosial kepada masyarakat.Demikian diungkapkan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Selasa 19 Juli 2016. Menurut dia, kordinasi tersebut merupakan ‎ keharusan. Nantinya, pemerintah dapat membantu pemetaan target bantuan. Pihaknya telah bertemu dengan kelima BUMN tersebut pekan lalu.

“Saya menyampaikan apresiasi pada kelima BUMN tersebut. Dengan adanya kebersamaan, berarti secara signifikan bermanfaat bagi masyarakat. Saya kira ada koordinasi bagus sekali agar tidak tumbang tindih atau ada duplikasi bantuan di target yang sama dengan yang lain,” ujar Deddy.

Akan tetapi, kata Deddy, ketika suatu perusahaan mengadakan kegiatan serupa di luar kegiatan bersama tersebut, diimbau untuk melaporkan atau mengkoordinasikan kegiatan CSR-nya ke pemerintah sekaligus instansi terkait. Dalam hal ini, perusahan dapat melaporkan rincian kegiatan CSR ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat.

“Sehingga betul-betul kita tidak menerima uang. Kita hanya merekomendasikan, mengarahkan pihak penyelenggara CSR dalam melaksanakan programnya,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya ingin lebih banyak lagi perusahaan BUMN bergabung pada kegiatan CSR ke depannya.

Sementara itu, Kepala Divisi CSR Bio Farma R Herry mengatakan, Bio Farma ingin memberikan sumbangsih yang nyata untuk Jawa Barat.

“Aktivitas atau kegiatan yang sudah dipilih realisasinya membutuhkan koordinasi dengan berbagai pihak, pemerintah, TNI, kepolisian, dan stakeholders lainnya,” katanya.

Adapun sejumlah program kegiatan CSR Sinergi BUMN di Jawa Barat Tahun 2016 di antaranya Bedah Rumah Veteran yaitu sebanyak 52 rumah di Jawa Barat akan direnovasi

Siswa Mengenal Nusantara, pertukaran pelajar sebanyak 20 orang siswa SMA/SMK (dua orang di antaranya merupakan siswa yang menyandang disabilitas dan bersekolah di SLB) dari Jawa Barat ke Sulawesi Utara pada Agustus 2016 mendatang.

Ada pula Pembinaan Narapidana yaitu pembinaan yang diberikan kepada narapidana usia produktif yang sudah keluar lembaga pemasyarakatan dengan kriteria bukan merupakan narapidana terorisme, pemerkosa, pengedar narkoba, dan tindak pidana korupsi, serta tidak termasuk kategori narapidana untuk mendapatkan hukuman berat, bebas karena mendapatkan remisi saat HUT RI.

Lainnya, penyediaan sarana air bersih, tempat penitipan anak di pasar, pembinaan mantan atlet nasional, pasar murah, serta jalan sehat.

“Jalan sehat akan dilaksanakan 16 Agustus 2016 pagi, pukul 7.00 dengan peserta masyarakat umum, disediakan pula door prize,”kata dia.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


seven − 5 =