Bulog Pasok Kebutuhan APD 3 Rumah Sakit Rujukan di Semarang

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM — Tingginya kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) bagi paramedis di tengah pandemi Covid-19 mengetuk sejumlah kalangan untuk ikut berpartisipasi memberikan bantuan. Apalagi paramedis menjadi garda terdepan dalam penanganan pasien Covid-19 yang memiliki risiko tinggi.

Fenomena itu pula yang menggerakkan Perum Bulog Kanwil Jawa Tengah untuk turut hadir memberikan dukungan bagi paramedis. Dukungan diwujudkan melalui bantuan sejumlah APD bagi tiga rumah sakit rujukan pasien Covid-19 yang ada di Kota Semarang, pada Selasa (21/4/2020). Pemimpin Wilayah Perum BULOG Jawa Tengah, Basirun mengatakan, pemberian bantuan bagi paramedis ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) “Bulog Peduli”, sekaligus “BUMN Untuk Indonesia”. Langkah ini juga sebagai aplikasi dari semangat kegotongroyongan yang terus diserukan pemerintah di masa pandemi Covid-19.

“Kami tergabung dalam Satgas BUMN Tanggap Bencana Nasional Penanggulangan Covid-19. Seluruh BUMN berpartisipasi dan berbagi wilayah, untuk Perum Bulog Kanwil Jawa Tengah mendapatkan partisipasi 3 Rumah Sakit yaitu RS Columbia Asia, RS Elizabeth, dan RS Nasional Diponegoro,” katanya. Dijelaskan, bantuan APD bagi paramedis yang diberikan berupa Hazmat Suit, Masker, Hand Sanitizer, Desinfektan, Sarung Tangan Steril, dan Multivitamin.

Perum BULOG sendiri menyadari bantuan tersebut sangat dibutuhkan di masa-masa seperti saat ini. “Semoga bantuan ini bisa sedikit membantu memenuhi kebutuhan paramedis yang tengah berjuang menghadapi para pasien Covid-19, dan berharap para tenaga medis ini tetap semangat dan terjaga pula kesehatannya,” jelasnya.

Menurut Basirun, di tengah pandemi Covid-19, sudah saatnya semua elemen masyarakat bergerak bersama, bergotong-royong dan bahu membahu untuk bisa melewati bencana kesehatan ini, dengan tetap memperhatikan protokol yang berlaku. Sesuai kapasitasnya, BULOG pun telah menerapkan ‘social distancing’ dalam bisnisnya, melalui ‘iPangananDotcom’.

“Di tengah situasi saat ini, iPangananDotcom menjadi solusi belanja kebutuhan pokok secara online yang mengandalkan perkembangan teknologi, tanpa harus bertatap muka,” ungkapnya. iPangananDotcom, lanjut Basirun, merupakan toko online kebutuhan pangan yang menghadirkan ragam komoditas pangan beras berkualitas, harga terjangkau dan mudah diakses masyarakat.

Untuk model penjualannya bekerjasama dengan Shopee dan pengirimannya melalui JNE. “Sejak penerapan Social Distancing, transaksi melalui iPangananDotcom terus mengalami peningkatan. Banyak yang memanfaatkan belanja komoditas pangan melalui online, yang dinilai lebih aman,” ujarnya. Ditambahkan, sejumlah komoditas pangan yang tersedia diantaranya aneka beras berkualitas, mulai dari medium hingga premium. Beras dijual dalam kemasan masing-masing 5 kg, dengan harga mulai Rp50 ribu-an. “Kami juga menyediakan beras khusus, seperti beras merah, beras hitam, beras lokal daerah, dan beras fortivit. Untuk saat ini masih wilayah Semarang dan sekitarnya, selanjutnya sedang dikaji untuk pengembangan wilayah penjualan di Kota Surakarta dan sekitarnya,” ujar Basirun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 − three =