CSR Kessos Dorong Perusahaan Buat Pelaporan Sosial

Pelatihan CSR | Diklat CSR -Forum CSR Kesejahteraan Sosial (Kessos) DIY menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan Laporan Keberlanjutan Perusahaan (Berbasis GRI) di Grand Quality Hotel Yogyakarta, Jumat (20/06/2014). Kegiatan diikuti 30 perusahaan terpilih di DIY. Ketua Forum CSR Kessos DIY GKR Pembayun mengatakan, pelatihan berisi pengenalan aplikasi tahap awal mengenai laporan kinerja berbasis Global Reporting Initiative (GRI). “Sejak forum ini berdiri, kami terus mensosialisasikan pada perusahaan agar program CSR mereka disalurkan pada kesejahteraan sosial. Mudah-mudahan topik yang dibahas ini menjadi wawasan tersendiri dan bisa bermanfaat bagi setiap perusahaan,” terangnya.

Menurutnya, banyak program CSR perusahaan disalurkan untuk sektor kesehatan maupun pendidikan. Sedangkan permasalahan sosial sangat jarang disentuh. “Disini CSR Kessos tidak menerima uang ataupun barang, tetapi kami memberikan data pada perusahaan agar perusahaan itu langsung yang memberikan bantuan CSR tersebut. Hal itu lantaran CSR Kessos bertindak sebagai fasilitator saja,” tegas Pembayun.

Sebagai contoh, lanjut Pembayun, ada perusahaan susu memiliki program CSR untuk bayi terlantar. Ada juga perusahaan yang memberikan bantuan sembako pada lansia. Dengan begitu, secara tidak langsung perusahaan ikut mensejahterakan sosial masyarakat.

Sedangkan Ketua Forum CSR Kessos Indonesia, La Tofi menyatakan, pelatihan yang diadakan Forum CSR Kessos DIY bekerjasama dengan Dinas Sosial DIY tersebut sangat penting. Disamping itu, pelaporan CSR dari setiap perusahaan ini juga bisa berlanjut. “Kami berharap pelaporan sosial berbasis GRI ini wajib dilakukan setiap perusahaan. Sehingga bisa melahirkan program terbaik untuk CSR yang tepat sasaran,” harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 − = one