CSR PTSP Targetkan Jaring 500 UMKM Baru

PT Semen Padang (PTSP) melalui program Coorporate Social Responsibility (CSR) memiliki target untuk menjaring 500 calon UMKM pada 2016. Upaya tersebut merupakan wujud kepedulian PTSP terhadap peningkatan perekonomian masyarakat.“Calon UMKM atau UM­KM pemula ini akan kami bina melalui Program Kemi­traan CSR. Pada 2015 ke­marin, kami menjaring 325 UMKM baru,” kata Kepala Biro CSR PT semen padangSemen Padang, Dasril di Padang, kemarin.Ia menjelaskan, pro­gram kemitraan adalah wujud dari kepedulian PT Semen Padang kepada masyarakat yang da­lam strategi CSR termasuk ke dalam pilar program Semen Padang Pa­duli Nagari.Pro­gram tersebut adalah mem­berikan bantuan dana ber­gulir, selanjutnya pem­be­kalan, pemantauan, pen­dam­pingan, dan pembinaan. Tu­juan program itu untuk me­ning­katkan kemampuan usa­ha kecil yang menjadi mitra binaan agar tangguh dan mandiri.

“Dengan jumlah UMKM yang tinggi di Sumbar, ban­tuan kemitraan dari PT SP sama dengan menggerakkan perekonomian Sumbar. Ke­be­radaan UMKM dapat mem­buka lapangan pe­ker­jaan bagi masyarakat dan mengurangi angka pe­ngang­guran,” ujarnya.

Dasril menambahkan, hing­ga akhir 2015 lalu, se­banyak 6.000 lebih UMKM telah dibina CSR Semen Pa­dang dengan dana yang telah disalurkan sebesar Rp103 miliar. Hingga awal 2016, jum­lah UMKM binaan Semen Padang yang aktif tercatat sebanyak 1.800 UMKM.

Kepala Bidang Pem­ber­dayaan Ekonomi CSR PT Semen Padang, Syafrianto Rusli mengatakan, untuk menjaring calon Mitra Bi­naan dan pemerataan penya­luran dana pinjaman kese­luruh kabupaten/kota di Sum­bar, CSR PTSP ber­ko­ordinasi dengan dinas terkait dan melakukan sosialisasi Program Kemitraan dengan peserta perwakilan dari selu­ruh dinas-dinas se-Sumbar pada Januari 2016.

Tindak lanjut dari ke­giatan tersebut, CSR PTSP melakukan sosia­lisasi lang­sung ke beberapa kabupaten/kota di Sumbar pada Februari 2016.

“Tahun ini, CSR PTSP akan menyalurkan program ke­mitraan dalam empat ta­hap/triwulan, yaitu bulan Ma­ret, Juni, September dan De­sem­ber. Sebelum proses pe­nyalu­ran dilakukan kami mem­be­rikan sosialisasi ter­le­b­ih da­hulu, minimal di lima Kab/Ko­ta di Sumbar, setiap pe­nya­lu­ran,” terang Syafrian­to.

Penyaluran dana pinjaman PK tahun 2016 direncanakan sebesar Rp 10 Miliar. Penya­luran tahap I rencananya dilakukan pada Maret sebesar kurang lebih Rp 2,5 Miliar kepada 125 hingga 150 Mitra Binaan.

“Agar penyaluran bantuan tersebut tepat sasaran dan efektif, CSR Semen Padang juga akan terus melakukan pemantauan kepada mitra binaan minimal dua kali setahun per UMKM,” tam­bahnya. (h/rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


7 + = fourteen