Dana CSR Emiten Properti Rp29,79 Miliar

hands-holding-seedling-849x565Pelatihan CSR– Induk usaha emiten properti, yakni Sinar Mas Land (SML) atau PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) pada 2017 telah mengalokasikan dana tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) sebesar 29,79 miliar rupiah.“Dana tersebut telah digunakan untuk proyek pengembangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo sebesar 23,5 miliar sedangkan sisanya, 6,29 miliar rupiah untuk program CSR lainnya, di antaranya kolaborasi program CSR di BSD, Grand City Balikpapan, Kota Deltamas, dan KIIC,” kata Managing Director President Office Sinar Mas Land (MSL), Dhony Rahajoe saat Sinar Mas Land Outlook 2017 di Jakarta, Selasa (21/2).Dhony menjelaskan, program CSR SML sejalan dengan program pemerintah, yakni membangun pemerataan ekonomi. Untuk itu, kegiatan-kegiatan CSR Sinar Mas Land pada tahun 2017 antara lain adalah proyek pengembangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo, revitalisasi pasar rakyat serta kegiatan CSR yang mendukung Program SDGs 2030.

Sementara itu, terkait target marketing sales pada tahun ini, Direktur BSDE Hermawan Wijaya mengatakan akan meningkat 15,6 persen dibandingkan pencapaian tahun lalu sebesar 6,25 triliun rupiah. Untuk mencapai target itu, BSD akan menggenjot marketing sales segmen komersial tahun ini sebesar 2,85 triliun rupiah atau naik 71 persen dibandingkan tahun lalu 1,67 triliun rupiah. “Kenaikan ini terutama karena lot komersial BSD City akan diminati konsumen seiring pertumbuhan ekonomi,” kata Hermawan.

Hermawan menjelaskan, hingga tahun lalu tingkat permintaan area komersial masih cukup tinggi. Bank Indonesia (BI) melaporkan indeks permintaan terhadap properti komersial pada kuartal ketiga 2016 tumbuh 0,46 persen, atau lebih tinggi dibandingkan kuartal sebelumnya yang mencatatkan kenaikan 0,28 persen.

Sementara data Colliers International menyebutkan, meski belum dibuka secara resmi, sebagian besar pusat perbelanjaan baru telah dipesan hingga 85 persen dari total area yang disewakan pada kuartal IV-2016 setelah tiga kuartal sebelumnya lesu. “Tren positif ini kami harapkan dapat terus meningkat dan berlanjut pada tahun 2017,” tuturnya.

Di segmen ini, BSD menyiapkan sejumlah proyek antara lain The Element di Kuningan, Southgate Residence di TB Simatupang, dan Klaska di Surabaya. The Element Kuningan yang merupakan proyek dua tower kondominium yang sebagian dijual, sementara sisanya sebagai serviced apartments guna menghasilkan recurring income.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× 8 = seventy two