Garda Bencana Jagat Lestari Bidik Pemanfaatan CSR

handPelatihan CSR | Diklat CSR –Para relawan yang tergabung dalam Garda Bencana Jagat Lestari bidik pemanfaatan realisasi dana corporate social responsibility (CSR) yang dikeluarkan perusahaan besar maupun BUMN di Kec. Majalaya, Kab. Bandung. “Pemanfaatan dana CSR itu, bisa digunakan untuk penanggulangan banjir, penghijauan lahan kritis Daerah Aliran Sungai Citarum, antisipasi kebakaran dan gotong royong,” kata Ketua Garda Bencana Jagat Lestari Kab. Bandung, Rudiyanto alias Abah Karinding kepada klik-galamedia.com di Majalaya, Senin (17/11/2014).Dalam pengelolaan dana CSR itu, lanjut dia, melibatkan Rimba Akayogi Subrata (Wakil), Fathoni Solehudin (Bendahara) dan Tazi Ruhtazi (Sekretaris) serta sejumlah relawan lainnya.

Menurutnya, pemanfaatan dana CSR itu, bisa dalam bentuk kerjasama dengan pihak perusahaan yang menyalurkan dana untuk pemanfaatan lingkungan.

“Dengan memanfaatkan dana CSR itu, bisa digunakan untuk edukasi terhadap masyarakat. Seperti melakukan penanaman pohon di lahan kritis dan bantaran Sungai Citarum,” kata Rudiyanto.

Garda Bencana Jagat Lestari ini memiliki sasaran penanaman pohon dari mulai Kec. Kertasari, Pacet, Ibun, dan Kec. Majalaya.

“Dengan memanfaatkan tenaga relawan, kami akan berusaha mendekati masyarakat yang ada di sepanjang aliran Sungai Citarum dalam upaya menanggulangi ancaman banjir,” katanya.

Selain melakukan sosialisasi dan gerakan penghijauan, kata dia, saat ini yang sudah berjalan yaitu melakukan pemungutan sampah rumah tangga yang ada di permukiman padat penduduk.

“Pemungutan sampah bagian dari upaya melakukan edukasi dan penanggulangan banjir,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− 5 = zero