Jelang Dibukanya Kembali Pariwisata, PLN Salurkan CSR

Jelang Dibukanya Kembali Pariwisata, PLN Salurkan CSR

Pelatihan CSR – Dinas Pertanian beserta Pemkab Banyuwangi menyelenggarakan simulasi new normal pengoperasian tempat wisata yang berlokasi di Agro Wisata Tamansuruh. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi beserta Muspida.

Sebagai salah satu BUMN yang ada di Banyuwangi, PLN turut mendukung perkembangan pariwisata yang ada di Banyuwangi dengan konsep new normal. PLN UP3 Banyuwangi memberikan bantuan CSR kepada Kelompok Tani Renggit berupa sarana kerja, sarana ibadah, fasilitas umum, dan pelatihan.

Untuk bantuan CSR yang diberikan PLN kali ini mengusung konsep wisata edukasi yang bertema Agro Elektrik. Menggandeng Dinas Pertanian, konsep Agro Elektrik menawarkan metode pertanian dengan memanfaatkan teknologi modern dan tenaga listrik.

Tahap 1 pada tahun 2019 telah dilaksanakan pembangunan infrastruktur saluran pengairan bawah tanah yang nanti akan terkoneksi dengan Internet of Things (IoT), penanaman buah naga, jeruk, jambu, dan serta pembangunan gate/pintu masuk pengunjung dengan total anggaran CSR senilai Rp 60 juta.

Pada tahap 2 tahun 2020 ini, PLN berkomitmen untuk tetap konsisten memberikan CSR-nya untuk mengembangkan Agro Elektrik. Beberapa program CSR telah disiapkan antara lain pembangunan fasilitas ibadah yakni musala, pelatihan, dan pendidikan untuk Kelompok Tani Renggit, dan penambahan fasilitas di Agro Elektrik dengan total anggaran CSR senilai Rp 220 juta.

Pemasangan fitur Internet of Things (IoT) berfungsi untuk mengontrol sistem pengairan, pemupukan, dan pencahayaan dan semua itu dilakukan dengan sekali sentuh menggunakan Android. Untuk mewujudkan hal tersebut, dalam waktu dekat PLN dan Dinas Pertanian akan menggandeng salah satu SMK di Banyuwangi dalam pembuatan fitur IoT. Selain itu juga akan dilakukan pembangunan miniatur pembangkit listrik sebagai sarana edukasi.

Rangkaian acara dimulai dengan pemberian santunan kepada yatim dan duafa, dalam hal ini PLN diwakili oleh YBM PLN. Dilanjutkan dengan pemberian simbolis CSR kepada Kelompok Tani Renggit yang disaksikan langsung oleh Bupati Banyuwangi Azwar Anas. Di penghujung acara ditutup dengan kegiatan petik buah melon dan ramah tamah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


6 + three =