Melalui Kegiatan CSR, Telkom Dukung Digitalisasi di Papua

telkomPT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) telah menyelesaikan pembangunan sistem jaringan tulang punggung pitalebar serat optik Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS). Pada hari Minggu, 10 Mei 2015, Presiden RI Joko Widodo meresmikan infrastruktur serat optik SMPCS di Manokwari, Papua. Pembangunan serat optik sepanjang 8772 kilometer yang menghubungkan Kawasan Timur Indonesia, meliputi Sulawesi, Maluku dan Papua ini, merupakan salah satu wujud komitmen dan persembahan Telkom untuk pemerataan informasi di Indonesia.Selain berkomitmen mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan pemerataan informasi, Telkom juga melaksanakan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) untuk masyarakat Papua. Kegiatan CSR yang dilakukan Telkom adalah penyerahan bantuan untuk pembangunan Gereja Mansina, Papua. Sementara untuk lingkungan pendidikan, Telkom mendirikan Broadband Learning Center di Jayapura dan Manokwari dan Telkom juga menyerahkan bantuan beasiswa pendidikan kepada 15 mahasiswa Universitas Cendrawasih.

Broadband Learning Center (BLC) merupakan pemberian bantuan pembangunan akses internet melalui penyediaan perangkat komputer yang dilengkapi fasilitas Wifi. Peran BLC adalah sebagai tempat pelatihan mengenai dasar-dasar internet. Sekolah-sekolah yang diberikan fasilitas BLC adalah SMAN 5 Angkasa, SMP YPKK Kristus Raja, SMKN 1 Jayapura, SMAN 3 Jayapura, SMAN Keberkatan Olah Raga Papua, SMA Oikumene Manokwari dan SMP Yapis Manokwari.

“Melalui kegiatan CSR ini, Telkom berharap dapat mendukung Papua untuk memperoleh layanan ICT dan pemerataan informasi sehingga Papua dapat mengembangkan potensinya lebih baik lagi dan sejajar dengan daerah lainnya yang ada di Indonesia,” ujar Direktur Human Capital Management Telkom, Herdy R. Harman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


seven × 4 =