Perusahaan Diminta Laporkan Audit Dana CSR

hand csrPelatihan CSR | Diklat CSR – Ketua Ombudsman Republik Indonesia, Danang Girindrawardana mengharapkan Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah melaporkan dana “Corporate Social Responsibility” (CSR) yang telah diaudit. “Akan lebih elok apabila BUMN atau BUMD dalam melaporkan Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) atau CSR-nya dilengkapi dengan laporan yang telah teraudit,” katanya di Jakarta, Kamis.Danang mengatakan BUMN yang memiliki keuntungan usaha besar cenderung melaksanakan dan melembagakan PKBL-nya secara baik. Hal itu dibuktikan dengan pembuatan laporan serta publikasi yang baik, tetapi ada juga BUMN besar yang tidak memberikan laporan PKBL-nya secara rinci dan transparan.

“Kami memberi catatan kepada mereka agar meningkatkan pelayanan publiknya melalui PKBL dan menciptakan transparansi kepada semua pihak, agar tidak ada keraguan yang ditujukan kepada mereka,” katanya. Lebih jauh, Danang mengatakan dalam penyelenggaraan pelayanan publik harus ada lembaga-lembaga yang membantu memantau, memperkuat, atau memberi koreksi terhadap pelaksanaannya. Ia menyebut program CSR sudah sangat baik dan perlu dipertahankan, namun ia berharap agar mekanismenya lebih transparan dan akuntabel.

“Ini udah jadi suatu kewajiban karena perusahaan BUMN atau BUMD ada ditengah masyarakat. Sekarang kita masih fokus bagaimana mekanismenya supaya lebih transparan,” kata dia.

Ia menambahkan, saat ini ada tiga BUMN yang diberi predikat terpuji sehingga bisa menjadi acuan bagi BUMN dan BUMD lain didalam melaksanakan program kemitraan bina lingkungan atau tanggung jawab sosialnya. Salah satu diantara adalah PT Bukit Asam (Persero) Tbk, perusahaan yang berbasis di Muara Enim, Sumatera Selatan.

“Mereka datang ke kami (Ombudsman) dengan membawa dua belas buku masing-masing setebal bantal yang berisi proses lengkap dari pelaksanaan hingga penghitungan dampak dari PKBL atau CSR yang mereka lakukan. Semua transparan. Tidak ada yang ditutupi. Apa lagi menyangkut pengelolaan keuangannya. Ini menjadi contoh baik yang perlu kita tiru,” kata Danang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 7 = fourteen