Program CSR Pertamina Kembangkan Desa Wisata Dermayu

Program CSR Pertamina Kembangkan Desa Wisata Dermayu

Pelatihan CSR – PT Pertamina (Persero) secara bertahap membangun dan mengembangkan Desa Wisata Pantai Tirta Ayu di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, untuk dijadikan destinasi wisata melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).
“Kami fokus pada penghijauan melalui penanaman 2.000 pohon cemara di sepanjang pesisir Pantai Tirta Ayu,” kata Unit Manager Communication, Relations & CSR Marketing Operation Region III Pertamina Eko Kristiawan di Cirebon, Kamis (19/11/2020).
Eko mengatakan Pertamina mulai bergerak membantu mengembangkan potensi wisata dan penghijauan lingkungan di sekitar wilayah operasi Integrated Terminal Balongan.
Dia menuturkan, tahun 2020 ini merupakan tahap pertama pengembangan program Desa Wisata Pantai Tirta Ayu (Dermayu) yaitu dengan perbaikan dan pembangunan sarana prasarana dasar untuk lokasi wisata.
“Seperti pengadaan tempat sampah, area bermain, yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan,” kata Eko.
Pertamina melalui program (CSR) berkomitmen untuk terus mendukung pelestarian lingkungan dan mendorong kemandirian masyarakat di sekitar wilayah operasinya.
Eko menambahkan, selain rusaknya area bibir Pantai Tirta Ayu, abrasi juga berdampak besar pada ekosistem pantai. Hal ini pun turut mempengaruhi mata pencaharian nelayan di wilayah Pantai.
“Melalui program Dermayu ini, kami ingin membantu menghidupkan kembali daerah wisata potensial yang ada di Balongan, sehingga selain melestarikan lingkungan pesisir pantai melalui penghijauan, program ini juga dapat menciptakan peluang ekonomi baru yang dapat dikelola oleh masyarakat setempat,” jelas Eko.
Sementara itu pegiat wisata Desa Balongan, Gunawan mengatakan Pantai Tirta Ayu sempat ditutup cukup lama akibat abrasi dan sempat tidak terawat.
Melihat kondisi tersebut, pihaknya bersama warga Desa Balongan lainnya secara swadaya mulai bersih-bersih pantai dan membuat gapura sederhana sebagai pintu masuk Pantai Tirta Ayu dengan bahan seadanya.
“Dan dengan adanya bantuan dari Pertamina ini, diharapkan Pantai Tirta Ayu dapat kembali menjadi lokasi wisata untuk warga di sini, seperti sebelum terdampak abrasi,” pungkas Gunawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


3 + four =