Semen Indonesia Punya Empat CSR

Pelatihan CSR | Training CSR-PT Semen Indonesia (Persero) Tbk memiliki empat program CSR Semen Indonesia yang masing-masing memiliki nama berbeda. Yaitu “Semen Indonesia Cerdas”, “Semen Indonesia Lestari”, “Semen Indonesia Peduli”, dan CSR “Semen Indonesia Prima”.”Semua program itu, saling mendukung untuk mendorong peningkatan kesejahteraan sosial-ekonomi masyarakat, dan menjamin terciptanya keberlanjutan lingkungan,” ujar Direktur Utama PT Semen Indonesia Dwi Soetjipto menanggapi diterimanya penghargaan “Antaranews CSR Award” dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara.

Dalam rilis yang diterima Surya Online, disebutkan program “Semen Indonesia Cerdas”, misalnya, terdiri atas beragam kegiatan terintegrasi untuk memacu kualitas SDM. Seperti pemberian beasiswa ke ribuan pelajar dan mahasiswa tiap tahunnya, bimbingan belajar gratis, peningkatan kualitas guru, hingga Wirausaha Muda Kokoh yang memfasilitasi generasi muda untuk berwirausaha. “Para pelajar dan mahasiswa, selain diberi beasiswa pendidikan, juga difasilitasi modal untuk memulai bisnis dan diberi bekal dasar kewirausahaan. Sudah banyak sarjana yang kami beri beasiswa kini jadi wirausahawan,” ujar Dwi.

Untuk “Semen Indonesia Lestari”, perusahaan memastikan keberlanjutan lingkungan mulai dari proses pra-sampai pasca-tambang. Proses produksi juga dilaksanakan dengan teknologi ramah lingkungan, sehingga Semen Indonesia tercatat sebagai salah satu perusahaan semen dengan konsumsi listrik terendah di dunia. Bahan bakar alternatif dari limbah pertanian digunakan untuk menggantikan batubara.

“Kami menggunakan teknologi kering, sehingga sangat hemat air. Bahkan kami lebih banyak menggunakan air hujan dan air buangan yang kami tampung, dan proses ulang untuk kebutuhan pabrik,” papar Dwi.

Adapun program “Semen Indonesia Peduli”, mendorong peningkatan kesejahteraan sosial-ekonomi warga. Mulai pemberdayaan ekonomi, kesehatan, bantuan infrastruktur, hingga penanganan bencana alam. “Kami mempunyai 13 ribu UMKM mitra binaan yang sudah menyerap lebih dari 60 ribu tenaga kerja. Para UMKM itu kami fasilitasi pinjaman lunak, pelatihan, dan promosi hingga ke luar negeri,” jelas Dwi.

Sementara CSR “Semen Indonesia Prima”, difokuskan untuk meningkatkan kualitas riset dan pengembangan, guna memastikan terciptanya produk semen yang berkualitas dan ramah lingkungan.

“Antaranews CSR Award” adalah penghargaan untuk sejumlah individu dan perusahaan, yang dinilai berjasa bagi pemberdayaan masyarakat, peningkatan kualitas kesehatan, dan lingkungan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


two × = 10