Sumbang APD hingga Es Krim, AICE Raih TOP CSR of The Year 2020

Sumbang APD hingga Es Krim, AICE Raih TOP CSR of The Year 2020

Pelatihan CSR – Sejak awal Maret 2020 lalu wabah COVID-19 memasuki Indonesia dan berdampak kepada aspek kehidupan masyarakat. Di tengah pandemi ini, banyak perusahaan terdorong untuk melakukan aksi kegiatan sosial dalam bentuk kegiatan corporate social responsibility (CSR).
Aksi CSR selama masa pandemi ini diapresiasi oleh INFOBRAND.ID dan TRAS N CO Indonesia melalui penghargaan Indonesia Top Corporate Social Responsibility of The Year 2020. Ada 100 perusahaan yang menerima penghargaan Top CSR ini. Salah satu perusahaan yang mendapatkan penghargaan atas aksinya membantu masyarakat terdampak pandemi COVID-19 yaitu AICE Group.
Brand Manager AICE Group, Sylvana Zhong, mengatakan AICE bersama dengan Gerakan Pemuda (GP) Ansor menyalurkan bantuan berupa alat perlindungan diri (APD) serta 500,000 es krim untuk para tenaga medis di berbagai RS rujukan COVID-19.
“Kita telah menjalankan misi kemanusiaan bersama 13 rumah sakit dan 1 instalasi peristirahatan tenaga medis. Kegiatan ini dilakukan dimulai dari tanggal 20 April 2020 ini kita laksanakan bukan saja pendekatan penyembuhan pada aspek medis tetapi juga pada aspek psikologis para tenaga medis,” ungkap Sylvana saat penyerahan e-awarding Indonesia Top Corporate Social Responsibility of The Year 2020, Jumat (5/6/2020).

Adapun bantuan yang diberikan bersama dengan GP Ansor antara lain baju hazmat, kaca mata pelindung, masker medis, dan alat pengukur suhu. Beberapa rumah sakit yang mendapatkan bantuan tersebut antara lain, RSUD Koja, RSUD Cengkareng, RSUD Kramatjati, RS PGI Cikini, RSUD Mampang Prapatan, RSUD Pesanggrahan, RS Graha Permata Ibu, RSUD Bantar Gebang, RSUD Ciawi, RSUD Balaraja, RSI Arafah Rembang, RS Annisa Bekasi, RS Darurat Wisma Atlet, dan satu Instalasi Peristirahatan Tenaga Medis di Hotel The Media.

“AICE yang pastinya dikenal masyarakat sebagai perusahaan es krim berkualitas yang mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat tidak lupa kami juga ikut menyumbangkan tidak kurang dari 500 ribu es krim kepada para tenaga medis di rumah sakit dan satu instansi peristirahatan tenaga medis,” tambahnya.

Adapun bantuan es krim yang diberikan yaitu es krim terbaru rasa jeruk yang kaya akan vitamin C. Menurutnya, bantuan es krim ini merupakan salah satu inovasi yang bisa membantu dalam aspek psikologis para tenaga medis.

“Es krim jeruk dengan vitamin C tinggi ini juga sangat cocok untuk menambah keceriaan yang tentunya bisa menambah imun tubuh semakin kuat bagi para tenaga medis dan relawan. Kami mengharapkan dengan adanya bantuan ini bisa menambah keceriaan dan melindungi tenaga medis dalam melawan COVID-19,” tukasnya.

Tak hanya berhenti sampai di situ, mengingat masa pandemi yang belum tahu kapan berakhir, AICE juga berkomitmen untuk tetap fokus memberikan lebih banyak bantuan tak hanya kepada tenaga medis tapi juga kepada masyarakat yang terdampak COVID-19.

“Tidak berhenti sampai di sini saja, ke depannya kami tetap akan fokus untuk memberikan lebih banyak bantuan kepada tidak hanya tenaga medis tetapi juga masyarakat umum untuk melawan COVID-19,” pungkasnya.

CEO TRAS N CO Indonesia sekaligus Penggagas Indonesia Top Corporate Social Responsibility of The Year 2020, Tri Raharjo menyebutkan penghargaan yang diberikan kepada 100 perusahaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang telah memberikan CSR-nya selama masa pandemi COVID-19.

Menurutnya, penghargaan ini merupakan bukti nyata atas komitmen perusahaan dalam memerangi virus Corona yang semakin masif terjadi di Indonesia.

“Dalam memerangi virus Corona di Indonesia, perusahaan dapat berlomba-lomba melakukan kegiatan CSR. Ini penting, karena dapat memperkuat brand perusahaan di mata stakeholder. Dengan kegiatan CSR, tentunya ini juga akan mengurangi kesulitan masyarakat dalam menghadapi dampak bencana virus Corona di Indonesia,” jelasnya.

Untuk menentukan perusahaan peraih Indonesia Top Corporate Social Responsibility of The Year 2020, INFOBRAND.ID bekerja sama dengan TRAS N CO Indonesia telah melakukan survei CSR dalam penanganan pandemi COVID-19 yang diselenggarakan pada Maret – Mei 2020, terhadap lebih dari 500 perusahaan tersurvei di Indonesia melalui tiga parameter penilaian: CSR Concept, CSR Impact dan CSR Donation Value.

Adapun 100 pemenang Top Corporate Social Responsibility of The Year 2020 yang terdiri dari perusahaan BUMN/BUMD (20%) dan perusahaan swasta (80%), Tri mencatat bahwa total donasi yang berhasil didonasikan mencapai lebih dari Rp 1,2 triliun.
Pemberian bantuan Alat Pelindung Diri (APD) mendominasi sebesar 33,33% yang kemudian disusul donasi dalam bentuk alat kebersihan dan kesehatan 29,29%, uang tunai 13,13%, sembako & makanan 13,13% serta donasi dalam bentuk produk 11,12%.

Sementara lokasi yang dituju untuk target aksi sosial ini sendiri meliputi rumah sakit rujukan & tenaga medis, yayasan, fasilitas umum serta masyarakat terdampak dengan sebaran wilayah Jabodetabek dan nasional.

“Dengan apresiasi ini diharapkan dapat menjadi bentuk dukungan kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk terus melakukan aksi CSR atas kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sosial, khususnya dalam menghadapi pandemi COVID-19,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× four = 28