Tahun Ini PLN Pasang Listrik Gratis untuk 1.200 Rumah Tangga Miskin di Aceh

Tahun Ini PLN Pasang Listrik Gratis untuk 1.200 Rumah Tangga Miskin di Aceh

Pelatihan CSR – “Ini merupakan program bantuan sosial perusahaan yang diberikan kepada kelompok maupun masyarakat secara selektif,” kata General Manager PLN UIW Aceh, Jefri Rosiadi.

“Ini merupakan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dan Corporate Social Responsibility (CSR) dari PLN UIW Aceh,” kata General Manager PLN UIW Aceh, Jefri Rosiadi, Selasa (13/10/2020).

Menurut Jefri, bantuan ini nantinya berupa biaya gratis pemasangan jaringan listrik baru bagi masyarakat Rumah Tangga Miskin dan tidak mampu.

Pengelolaan bantuan akan diserahkan ke Unit-Unit Pelaksana sebagai eksekutor langsung di lapangan.

Dijelaskannya, rogram TJSL dan CSR merupakan program bantuan sosial perusahaan yang diberikan kepada kelompok maupun masyarakat secara selektif dengan mengikuti prosedur yang ditetapkan perusahaan dan pemerintah.

“Ini bukan dilakukan secara seremonial belaka, namun secara sungguh-sungguh dan selektif sehingga bantuan yang diberikan bisa menaikkan nilai ekonomi warga tidak mampu,” tandas Jefri Rosiadi.

Alokasi anggaran untuk program TJSL/CSR pemasangan listrik gratis ini, PLN Aceh mendapatkan dropping anggaran tambahan dari PLN Pusat.

Pada tahun 2020 ini anggarannya sebesar Rp 886 juta guna melistriki 1.200 rumah tangga miskin dan tidak mampu yang tersebar di seluruh Aceh.

Sebelum realisasi program ini, PLN Aceh memiliki kualifikasi tersendiri sebagai penerima bantuan. Meski demikian kualifikasi yang paling utama adalah mengikuti data yang ada pada Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemisikinan (TNP2K).

“Berdasarkan data yang kita terima melalui TNP2K, tim akan melakukan survei kembali ke rumah masyarakat tidak mampu sebagai calon penerima bantuan, untuk memastikan ketersediaan jaringan, agar bisa kita eksekusi langsung,” ujarnya.

“Semuanya sudah siap. Insya Allah dalam waktu dekat segera direalisasikan,” demikian General Manager PLN UIW Aceh, Jefri Rosiadi. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


4 − = one