Membangun Budaya Perusahaan Unggul

pelatihancsr-Budaya perusahaan atau corporate culture  adalah keyakinan, nilai, kepercayaan, dan norma bersama yang menjadi ciri perusahaan dan diikuti oleh anggota perusahaan. Budaya memberikan kerangka acuan umum bagi anggota perusahaan yang dapat digunakan untuk membicarakan peristiwa dan fakta di lingkungan perusahaan.

Budaya perusahaan penting karena dapat mendukung tujuan bisnis dari suatu perusahaan. Melalui budaya perusahaan, bisnis dan operasional bisnis secara internal dapat berjalan dengan sinergis dan kolaboratif. Adanya budaya perusahaan juga dapat membuat karyawan tertarik dan memiliki sense of belonging terhadap perusahaan. Hal ini akan mendorong retensi karyawan dan perolehan bakat baru dari mereka.

Secara umum, budaya perusahaan dipengaruhi oleh beberapa aspek. Aspek-aspek tersebut adalah:

  1. Visi perusahaan

Visi adalah aspek paling dasar dari budaya perusahaan. Visi menentukan tujuan perusahaan. Dengan tujuan tersebut, karyawan perusahaan akan terarah dalam bekerja.

  • Nilai perusahaan

Nilai perusahaan memberikan pedoman terhadap perilaku dan pola pikir yang dibutuhkan untuk mewujudkan visi. Artinya nilai perusahaan menjadi pedoman moral dan praktik kehidupan dalam budaya perusahaan.

  • Praktik kerja

Budaya perusahaan tidak bisa terbentuk hanya berdasarkan nilai. Harus ada praktik untuk mengimplementasikan nilai tersebut.

  • Sumber daya manusia perusahaan

Strategi perekrutan SDM yang baik dan sesuai kebutuhan akan mampu membantu dalam pembentukan budaya perusahaan.

  • Tempat kerja

Tempat kerja juga menentukan budaya perusahaan. Contohnya tempat kerja dengan konsep terbuka biasanya akan kondusif untuk perusahaan pengusung budaya kerja kolaboratif antar karyawan. Sebaliknya, tempat kerja dengan tema kantor menggunakan sekat-sekat antar divisi maka budaya perusahaan yang dianut lebih formal dan sektoral.

  • Narasi perusahaan

Sejarah dibentuknya perusahaan perlu diidentifikasi dan diceritakan secara terus menerus melalui narasi kepada sumber daya manusia perusahaan. Hal ini akan menjaga budaya perusahaan secara berkelanjutan.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa budaya perusahaan mempengaruhi produktivitas, kreativitas, profitabilitas, nilai, dan pertumbuhan perusahaan. Semakin baik budaya berusahaan, maka aspek-aspek dalam perusahaan tersebut juga semakin baik. Artinya, perusahaan tersebut pun semakin unggul. Lantas, bagaimana cara membangun budaya perusahaan yang baik?

Anda bisa mengikuti Pelatihan Budaya Perusahaan yang kami selenggarakan. Pelatihancsr.com ini dikelola oleh PT Kirana Adhirajasa Indonesia, sebuah lembaga yang turut concern dalam pengembangan SDM dan program-program CSR. Pelatihan kami selenggarakan secara profesional dengan materi yang terstandardisasi, trainer yang kompeten, dan fasilitas yang lengkap. Sasaran pelatihan kami terutama adalah pemilik perusahaan, pimpinan perusahaan (direktur SDM), dan manajer SDM/HRD. Materi pelatihan kami di antaranya juara SDM, budaya korporat unggul, peran pelaku dan transformasi BKU, dan strategi menciptakan agen perubahan membangun budaya perusahaan. Dengan mengikuti pelatihan tersebut anda akan dapat membangun budaya dengan baik sehingga perusahaan menjadi unggul. Untuk informasi lebih lanjut terkait pelatihan yang kami selenggarakan, seperti jadwal dan pendaftaran, anda dapat menghubungi admin kami (Telp/WA: 081328867181, 081578921211).

Leave a Reply

Your email address will not be published.


× 4 = thirty six