Irwan Hidayat Buka Rahasia Mengapa Perusahaannya Sering Melakukan CSR

Pelatihan CSR | Diklat CSR –

irwan sidomunculKarena semasa  kecil sering  mengalami  sakit, serta  pesan dari sang ibu Sulistioningsih yang merintis usahanya dari usaha jamu rumahan tahun 1940 di Yogyakarta untuk membantu  orang  yang sedang mengalami penderita, maka pesan ini selalu diingatnya.Setelah  tampil  sebagai  pimpinan  tertinggi di  PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat  tetap  melaksanakan  pesan ibunya melalui berbagai kegiatan bakti sosial  dengan  bentuk Corporate social responsibility (CSR)  yang  dilakukan  perusahaannya.

Hal  ini  diutarakan  Presiden Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk   dihadapan Mahasiswa  Program  Magister Manajemen (MM) Universitas Indonesia  yang digelar  bersama Tanoto Enterpreneurship dengan  topik  “ Berbagi Pengalaman  Sukses  Kepada Mahasiswa  Program MM UI” di Gedung Cyber 2, Jakarta, Jumat (5/12/2014)

Seperti  diketahui memasuki usia ke-63 tahun pada 11 November lalu, Sido Muncul selalu aktif dalam melakukan kegiatan CSR nya. Selain program Mudik Gratis bagi para pedagang jamu sejabotabek yang dilakukan sejak tahun 1991, Sido Muncul juga aktif memberikan bantuan untuk korban bencana banjir, gempa, tanah longsor dan kebakaran.

Tahun  2011 Sido Muncul mempunyai program CSR operasi katarak gratis bagi masyarakat kurang mampu dan sampai saat ini telah mengoperasi 37.950 mata. Selain dengan operasi katarak, Sido Muncul juga mengadakan baksos pemeriksaan mata bagi anak-anak Sekolah Dasar dan pemberian kacamata gratis.

Sepanjang 2013, setidaknya 3.000 anak yang mendapatkan pemeriksaan mata,” katanya

Tahun 2014 Sido Muncul sudah memberikan kacamata secara cuma-cuma kepada 1.000 siswa di wilayah DIY, 500 di Jateng, dan 500 lagi di Jawa Timur.

Kegiatan CSR program operasi katarak gratis yang dilakukan Sido Muncul bekerjasama dengan Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia (PERDAMI) dilakukan sejak tahun 2011, telah dilaksanakan di 27 provinsi, 200 kota/kabupaten di 215 Rumah Sakit di Indonesia.

Jumlah yang telah dioperasi kerjasama Sido Muncul bersama Perdami pada tahun 2011 adalah 6.000 mata, tahun 2012 sebanyak 12.746 mata dan tahun 2013 sebanyak 13.024 mata. Pada tahun 2014 sampai pertengahan November telah mengoperasi  8.130 mata.

Tak  kurang Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M (K) memberikan apresiasi tinggi atas prakarsa dan penyelenggaraan kegiatan kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak terhadap 40.000 Mata yang dilakukan bersama oleh RSPAD Gatot  Subroto, Perhimpunan Dokter Mata Indonesia (Perdami), dan PT. Sido Muncul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 9 = ten