PROGRAM CSR DANONE AQUA DISAMBUT WARGA GEKBRONG

CSR aquaIkuti info  Pelatihan CSR Diklat CSR dan Training CSR serta Pelatihan Yogyakarta lainnya hanya disini – Cianjur, 20/7 (ANTARA)- Program “Corporate Social Resposibilty :CSR” yang dilakukan PT Tirta Investama ,Danone Aqua, disambut baik warga Kecamatan Gekbrong, Cianjur, Jabar, Selasa. Delapan desa tersebut, Desa Songgom, Desa Gekbrong, Bangbayang, Cikahuripan, Cikancana, Cintaasih, Sukaratu dan Desa Kebon Peuteuy. Pantauan di lokasi, berbagai program yang dapat dinikmati masyarakat luas itu, dilakukan PT Tirta Investama, meski rencana pembangunan pabrik pengemasan air mineral di kawasan itu belum dilakukan. Seperti di Kampung Gunung Bubut, Desa Sukaratu, semula tidak ada jalan lingkungan, tidak ada saluran irigasi atau bendungan air, bahkan tidak ada kolam-kolam ikan milik warga sekitar.

Sedangkan potensi air sungai Cibeleng yang selama ini membentang di kawasan tersebut, belum bisa di manfaatkan warga secara baik karena minimnya dana swadaya atau bantuan pemerintah.”Selama ini banyak lahan milik warga yang tidak produktif , meskipun kami memiliki sungai yang airnya tidak pernah kering,” kata Dasep Cengli anggota BPD Desa Sukaratu, Selasa.Namun sejak desanya tersentuh program CSR Tirta Investama, yang berencana membangun pabrik di wilayah Gekbrong, kekurangan fasilitas baik umum dan social mulai terpenuhi.

“Kini kami tidak susah lagi, mencari air untuk mengairi sawah dan kolam ikan. Bahkan jalan lingkungan antar ke RT an pun, sudah ada dan dapat dilalui kendaraan,” tuturnya.
Dia menambahkan, dulu saluran air hanya 30 cm dan sering kali jebol. Namun saat ini, sudah dibangun permanen, lebar satu meter dengan panjang 250 meter.Kepala Desa Sukaratu Sukaratu Ojang Muplihudin didampingi Kaur Ekbang Ahmad Suhendi, menyambut baik program perusahaan berbasis sosial itu.

Saat ini pihaknya telah mangajukan 18 bendungan lain yang akan dibangun CSR Aqua. Sehingga masyarakat dapat bercocok tanam dan meningkatkan hasil ladangnya. “Harapan kami ke 18 bendungan itu, dapat dikabulkan PT Tirta Investama, karena selama ini masyarakat hanya mampu membangun irigasi seadanya,” kata Ojang.Sementara Nurul Iman, selaku Stakeholder Relation PT Tirta Investama, menyebutkan, hal yang sama akan dilakukan pihaknya, di 8 Desa di Kecamatan Gekbrong.Namun program tersebut akan dilakukan secara bertahap, mulai bidang pertanian, jalan lingkungan, bahkan air bersih.

“Untuk saat ini program kami fokus dulu di bidang pertanian masyarakat. Selanjutnya akan kami sesuaikan dengan kondisi lingkungan dan tingkat kebutuhan masyarakat di 8 desa lainnya,” tuturnya. Dia menjelaskan, program CSR ini, bersifat stimulan dan mendorong warga, agar giat dan semangat dalam melakukan gotong royong, dalam melakukan pembangunan fasilitas yang dibutuhkan. “Program ini, akan dilakukan secara terus menerus selama ada pabrik Aqua di wilayah tersebut. Dan bidang yang dapat dibantu akan menjadi prioritas dengan syarat tenaganya swadaya masyarakat,” tandasnya.***3***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− six = 2