Program CSR Menjadi Bagian Strategi Bisnis Perusahaan

komunitasSemakin banyak perusahaan di Indonesia yang melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai bagian dari kontribusi terhadap masyarakat dan lingkungan. Bahkan, CSR sudah menjadi bagian dari strategi bisnis perusahaan.Pendiri Indonesia-Asia Institute sekaligus ketua penyelenggara Indonesia Corporate Social Responsibility Award (ICSRA) 2017, Irlisa Rachmadiana, mengatakan, CSR sendiri sejatinya memiliki beberapa tingkatan, dengan tingkatan tertinggi adalah program berkelanjutan serta memberi manfaat langsung bagi penerima.”Idealnya, suatu program CSR apabila penerima manfaat dapat mandiri secara ekonomi dan sosial bahkan jika program tersebut sudah dihentikan. Meskipun demikian, kegiatan CSR yang masih dalam taraf pemberian donasi atau charity tetap juga harus diapresiasi,” ujar Irlisa dalam siaran pers yang diterima Beritasatu.com, Sabtu (25/2).

Banyak perusahaan, lanjut dia, telah mendedikasikan diri untuk menjalankan program CSR sehingga tercipta sustainability serta hubungan yang erat dengan penerima manfaat. “Dari sisi pemasaran, tidak jarang brand program CSR sudah amat melekat dengan brand perusahaan secara positif dan hal ini dapat meningkatkan citra positif perusahaan secara keseluruhan,” tambahnya.

Untuk memberikan apreasiasi kepada perusahaan yang menjalankan program CSR secara baik, kata Irlisa, pihaknya bersama Dewan Juri memutuskan untuk memberikan apresiasi tertinggi kepada 41 perusahaan terbaik di Indonesia yang memiliki program CSR yang bermanfaat dalam jangka panjang bagi penerimanya.

“Sebanyak 41 perusahaan di Indonesia, berhasil meraih apresiasi penghargaan tertinggi dalam bidang CSR, baik dalam kategori Tbk maupun Private Company. Dalam penilaiannya, perusahaan tersebut dikelompokkan dalam BUMN, BUMD, Bank-Persero, BPD, BPR-Syariah, Properti, Konstruksi, Telekomunikasi, Minuman, Farmasi, Tol, Swasta, BUMN, BUMD, BPD, dan BPR,” jelasnya.

Ketua dewan juri ICSRA 2017, Ayu Ekasari, mengatakan, proses penjurian ICSRA 2017 melibatkan dewan juri yang independen dan tidak terkait dengan asosiasi apapun serta bukan bagian dari perusahaan yang sedang dinilai.

“Secara umum, dewan juri menilai bahwa perusahaan peserta ICSRA telah bersungguh-sungguh menerapkan CSR dan mempunyai beberapa program unggulan,” kata Ayu.

Melalui penghargaan ini, lanjut dia, diharapkan perusahaan terpacu meningkatkan prestasi dan peran pentingnya dalam implementasi praktek CSR.

“Meskipun penyelenggaran ICSRA 2017 ini untuk kali pertama, kami berharap keteladanan 41 perusahaan peraih penghargaan ini dalam melaksanakan CSR dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan-perusahaan lain untuk terus berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat secara luas,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− three = 5