PT Pertamina Beberkan Program CSR di Udinus

Fakultas Ekonomi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menggelar seminar nasional corporate social responcibility di gedung E lantai 3 kampus Udinus, Rabu (5/2/2014). Seminar diikuti oleh sejumlah akademisi, instansi pemerintah, pengusaha serta mahasiswa yang mengambil mata kuliah BK.Adapun yang didapuk sebagai pembicara adalah dosen Udinus Dr Nila Tristiarini, Ponco Koeswantoro perwakilan PT Pertamina (persero) dan Edi Sulistyo Bramanto  perwakilan Pemprov Jawa Tengah. Dalam kesempatan tersebut, Ponco menyampaikan bagaimana regulasi dan model penerapa csr di Indonesia. Dia juga membeberkan bagaimana PT Pertamina menerapkan program csr nya, seperti sekolah sobat bumi, ecopreneurship, pertamina sehati dan program lainnya.

Ponco mengatakan, PT Pertamina telah banyak memberikan perannya dalam pemberdayaan masyarakat, seperti  membentuk desa binaan juga melalui bidang pendidikan, kesehatan, dan lingkungan.

“Untuk kampus,  beberapa program unggulan kami yaitu Olimpiade Sains Nasional Pertamina, Beasiswa Sobat Bumi, dan program green village,” ujarnya.

Sementara itu, menurut Nila Tristiani,
CSR bukan hanya sebagai bentuk tanggung jawab moral sebuah perusahaan terhadap stakeholder. Lebih dari itu, kata dia, CSR dapat menjadi sebuah stategi perusahaan yang dapat menjadi conflict resolution yang mampu mengurangi berbagai masalah dan dapat meningkatkan nilai sebuah perusahaan.

Rektor Udinus Edi Noersasongko mengatakan, melalui CSR, Udinus dapat memberi beasiswa baik akademik maupun non akademik. Dia berharap CSR yang tersedia dari  perusahaan seperti Pertamina juga Pemprov dapat disinergikan bersama. “Kalau bersinergi akan memberi daya yang lebih besar,” katanya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− five = 2