Program CSR, KTB Donasikan Delapan Mobil untuk SMKN

ktbPelatihan CSR | Diklat CSR | CSR Training -PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), authorized distributor kendaraan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dan Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC) meluncurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) yaitu “Mitsubishi CSR Education Program”. “Mitsubishi CSR Education Program” merupakan kegiatan CSR KTB yang berkelanjutan dalam bidang pendidikan, yang bertujuan untuk terus mendukung peningkatan mutu sumber daya manusia di Indonesia. Sekaligus, sebagai salah satu upaya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan khususnya bidang otomotif kepada siswa – siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang merupakan generasi muda Indonesia.

Dalam keterang tertulis yang diterima Beritasatu.com, Kamis (9/10), program ini, diaplikasikan dengan mendonasikan mobil praktek dan memberikan pelatihan otomotif kepada beberapa SMK di Indonesia.

Bantuan mobil praktek ini menjadi perhatian khusus, karena KTB memahami kesulitan dunia pendidikan tanah air khususnya SMK untuk mendapatkan mobil dengan kondisi yang baik untuk digunakan sebagai mobil praktek.

Sebagai kelanjutannya, KTB juga akan memberikan pelatihan otomotif bagi para siswa SMK terpilih dan memberikan sharing knowledge kepada para guru.

SMK yang menerima yaitu SMKN 1 Cikarang Barat, SMKN 1 Depok, SMK Taman Karya Madya Kebumen, SMKN 1 Mojokerto, SMK Multi Karya Medan, SMK Gajah Mada Palembang, SMKN 1 Gambut dan SMKN 1 Sulsel.

Masing – masing SMK akan mendapatkan satu unit mobil penumpang Mitsubishi yang akan digunakan sebagai mobil praktek. Pemilihan sekolah yang mendapat donasi kendaraan terkait juga dengan keberadaan Krama Yudha Tiga Berlian Motors Regional Training Center (KRTC), dimana para siswa terpilih dari SMK penerima bantuan, akan diberikan pelatihan otomotif yang akan diadakan di KRTC.

Bertempat di kantor pusat KTB, donasi mobil praktek kepada SMK, secara simbolis diberikan langsung oleh Mr. Noboru Tsuji selaku President Director KTB kepada para Kepala Sekolah dari masing – masing SMK terpilih.

“Melalui Mitsubishi CSR Education Program diharapkan, para siswa SMK akan memperoleh ilmu yang sangat aplikatif, sehingga memiliki bekal keterampilan dan pengetahuan otomotif yang baik untuk memasuki dunia kerja,” kata Mr Noburu.

“Kami berharap program CSR yang dilakukan oleh KTB dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia, untuk meraih masa depan Indonesia yang lebih baik,”

KRTC

KRTC merupakan pusat pelatihan mekanik Mitsubishi di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2004. Saat ini ada 7 KRTC di Indonesia yang berlokasi di Bekasi, Kebumen, Mojokerto, Medan, Palembang, Makassar dan Banjarbaru.

KRTC memiliki program pelatihan yaitu Mitsubishi Service Technician Education Program, (M-STEP) 1, 2 & 3, yang merupakan suatu program pendidikan wajib bagi setiap mekanik Mitsubishi di seluruh dunia.

Di KRTC, para siswa SMK akan mengikuti program M-STEP 1 atau Basic Automobile yang mempelajari tentang pengetahuan dasar otomotif, yang meliputi sistem – sistem pada kendaraan seperti: sistem mesin bensin atau diesel, sistem bahan bakar, sistem kelistrikan, sistem power train, chassis dan sebagainya. Para siswa juga akan diberikan pengetahuan Pre Delivery Inspection (PDI), free service serta perawatan rutin kendaraan.

Sebagaimana layaknya sekolah teknik, KRTC memiliki sarana dan prasarana yang memadai, seperti: ruang kelas training, ruang praktek, kendaraan praktek yang sesuai dengan teknologi terkini, baik kendaraan penumpang maupun komersil, peralatan kerja, equipment dan lain – lain.

Penulis: Firman Qusnulyakin/FQ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− two = 1