CSR adalah Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Simak Program Milik Perusahaan Dunia

CSR adalah Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Simak Program Milik Perusahaan Dunia

Pelatihan CSR – Membangun sebuah perusahaan, tidak lepas dari yang namanya program CSR. CSR adalah kepanjangan dari Corporate Social Responsibility. Keberadaan CSR bukan lagi mencari keuntungan, tetapi diharapkan dapat memberi dampak tertentu.

Dalam sebuah perusahaan, CSR adalah bagian dari tanggung jawab sosialnya terhadap lingkungan yang dapat memberikan banyak manfaat. Paling utama untuk hubungan masyarakat, pelanggan, dan pemangku kepentingan.

CSR di Indonesia diatur dalam UU No. 40 Tahun 2007 tentang perseroan terbatas (UUPT) pasal 1 ayat 3. Dalam Undang-Undang ini dijelaskan bahwa CSR adalah tanggung jawab sosial dan lingkungan sebagai komitmen perusahaan berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Agar bisa lebih memahami CSR adalah tanggung jawab sosial perusahaan, berikut Liputan6.com ulas penjelasannya dari berbagai sumber, Kamis (11/2/2021).

Wibisono (2007: 7)

CSR adalah suatu komitmen berkelanjutan oleh dunia usaha untuk bertindak etis dan memberikan kontribusi kepada pengembangan ekonomi dari komunitas setempat atau masyarakat luas, bersaman dengan peningkatan taraf hidup pekerja beserta keluarganya.

Suharto (2007: 16)

CSR adalah operasi bisnis yang berkomitmen tidak hanya untuk meningkatkan keuntungan perusahaan secara finansial, tetap juga untuk pembangunan sosial ekonomi kawasan secara holistik, melembaga dan berkelanjutan.

Commision of the European Communities

CSR adalah konsep di mana perusahaan memutuskan secara suka rela untuk memberikan kontribusi demi menciptakan lingkungan yang lebih bersih serta masyarakat yang lebih baik.

Kotler dan Nancy (2005)

CSR adalah komitmen perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan komunitas melalui praktik bisnis yang baik dan mengkontribusikan sebagian sumber daya perusahaan.

Fraderick

CSR adalah prinsip yang menerangkan bahwa perusahaan harus dapat bertanggungjawab terhadap efek yang berasal dari setiap tindakan didalam masyarakat maupun lingkungannya.

The World Business Council for Sustainable Development

CSR adalah suatu komitmen bisnis untuk berkontribusi dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan, bekerja dengan karyawan perusahaan, keluarga karyawan tersebut, berikut komunitas setempat (lokal) dan masyarakat secara keseluruhan dalam rangka memperbaiki kualitas hidup.

Kepanjangan CSR adalah Corporate Social Responsibility. Dalam sebuah lembaga atau perusahaan, peran CSR sangat diperlukan untuk pengembangan. CSR adalah bagian dari pembangunan berkelanjutan yang diinisasi oleh perusahaan.

CSR tidak sekadar diadakan untuk mendapat keuntungan atau laba bagi sebuah lembaga. Melainkan digunakan untuk bisa memberikan dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan perusahaan itu berada.

Bagi perusahaan yang menjalankan program CSR, kenyataannya bisa mendapat banyak keuntungan. CSR adalah salah satu program kuat yang harus dimiliki perusahaan agar bisa mendapat banyak manfaat dari hubungan masyarakat, pelanggan, dan pemangku kepentingan.

Intinya, CSR adalah bagian dari rasa tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan sekitarnya. Tanggung jawab ini meliputi kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan, menjaga lingkungan, memberikan beasiswa, dana pemeliharaan fasilitas tertentu, dan masih banyak lagi.

Implementasi dalam bentuk penggunaan material yang ramah lingkungan dan tidak berbahaya.

Karyawan

Implementasi dalam bentuk persamaan hak dan kewajiban seluruh karyawan tanpa membedakan ras, agama, suku dan golongan.

Komunitas dan Lingkungan

Implementasi dalam bentuk kegiatan kemanusiaan ataupun lingkungan hidup.

Kesehatan dan Keamanan

Implementasi dalam bentuk penjagaan serta pemeliharaan secara rutin atas fasilitas dan lingkungan kantor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


7 + four =